RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..........................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester : IV/II
Alokasi Waktu : 15 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan minggu ke- 9 sampai 13 (5 minggu)
I. Standar Kompetensi
2. Mengenal
sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan
kabupaten I kota dan provinsi
II. Kompetensi Dasar
2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi
komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya
III. Tujuan Pembelajaran**
¨ Siswa dapat Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta
pengalaman menggunakannya
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian
(respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes ) dan
Ketelitian ( carefulness)
IV. Materi Pokok
§ Perkembangan teknologi produksi komunikasi
dan transportasi
V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 9 - 13)
Pertemuan 1 s/d 3
· Kegiatan awal
-
Mengamati
gambar bermacam-macam teknologi produksi
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Mengelompokkan teknologi produksi masa
lalu dan masa kini
F Membandingkan/membedakan jenis-jenisnya
F Menunjukkan peralatannya
F Menyebutkan macam-macamnya
F Menceritakannya di depan kelas atau
kelompoknya
F Menggunakan teknologi tersebut secara
sederhana
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Membuat simpulan tentang teknologi
produksi masa lalu dan masa kini
Pertemuan 4
· Kegiatan awal
-
Tanya
jawab tentang teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Mengerjakan soal ulangan akhir bab/ulangan
formatif
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menilai hasil pekerjaan murid
Pertemuan 5
-
Dalam
pertemuan ke- 5 ini diberikan ulangan blok dari bab 7, 8, dan 9 dengan berbagai
bentuk soal
VI. Alat dan Sumber Bahan
§ Alat Peraga : Gambar bermacam-macam
teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
§ Sumber :
Buku IPS kelas IV
Buku
tentang teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Membandingkan/membedakan
jenis teknologi produksi pada
masa lalu dan masa sekarang
§ Menunjukkan
peralatan teknologi produksi masa lalu dan sekarang
§ Menyebutkan
macam-macam alat produksi masa lalu dan
masa kini
§ Menceritakan
pengalaman menggunakan alat produksi lalu dan sekarang
§ Cara
menggunakan secara sederhana teknologi produksi
masa lalu dan masa kini
§ Membandingkan/membedakan
jenis teknologi komunikasi pada masa lalu dan masa sekarang
§ Menunjukkan
peralatan teknologi komunikasi masa lalu dan
sekarang
§ Menyebutkan
macam-macam alat komunikasi masa lalu dan
masa kini
§ Menceritakan
pengalaman menggunakan alat komunikasi lalu dan sekarang
§ Cara
menggunakan secara sederhana teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini
§ Membandingkan/membedakan
jenis teknologi transportasi pada masa lalu dan masa sekarang
§ Menunjukkan
peralatan teknologi transportasi masa lalu dan sekarang
§ Menyebutkan
macam-macam alat transportasi masa lalu dan
masa kini
§ Menceritakan
pengalaman menggunakan alat transportasi
lalu dan sekarang
§ Cara
menggunakan secara sederhana teknologi transportasi
masa lalu dan masa kini
|
Tertulis uraian
|
jawaban singkat
|
Jelaskan,
membandingkan, mengelompokkan, menunjukkan, membedakan dan menggunakan
teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
Membuat
kerupuk dengan tangan termasuk teknologi ....
Telepon
yang tidak menggunakan kabel disebut telepon ....
Mobil,
kereta api, dan pesawat termasuk teknologi ....
Salah
satu ciri transportasi masa lalu adalah ....
Penemu
telepon adalah ....
|
Format Kriteria
Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPS
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
0 komentar:
Posting Komentar