RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) IPS DI SD



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..........................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester          :   IV/II
Alokasi Waktu             :   15 jam pelajaran @ 35 menit
                                          Pertemuan minggu ke- 9 sampai 13 (5 minggu)

I.     Standar Kompetensi
2.  Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten I kota dan provinsi

II.  Kompetensi Dasar
2.3  Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya

III. Tujuan Pembelajaran**
¨      Siswa dapat Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)

IV. Materi Pokok
§  Perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi 


V.  Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 9 - 13)
Pertemuan 1 s/d 3
·       Kegiatan awal
-      Mengamati gambar bermacam-macam teknologi produksi
·       Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengelompokkan teknologi produksi masa lalu dan masa kini
F Membandingkan/membedakan jenis-jenisnya
F Menunjukkan peralatannya
F Menyebutkan macam-macamnya
F Menceritakannya di depan kelas atau kelompoknya
F Menggunakan teknologi tersebut secara sederhana
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Membuat simpulan tentang teknologi produksi masa lalu dan masa kini

Pertemuan 4
·       Kegiatan awal
-      Tanya jawab tentang teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
·       Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengerjakan soal ulangan akhir bab/ulangan formatif
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menilai hasil pekerjaan murid

Pertemuan 5
-      Dalam pertemuan ke- 5 ini diberikan ulangan blok dari bab 7, 8, dan 9 dengan berbagai bentuk soal

VI. Alat dan Sumber Bahan
§  Alat Peraga   :   Gambar bermacam-macam teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
§  Sumber          :   Buku IPS kelas IV  
                                      Buku tentang teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi

VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Membandingkan/membedakan jenis teknologi produksi pada                                                  masa lalu dan masa sekarang
§  Menunjukkan peralatan teknologi produksi masa lalu dan sekarang
§  Menyebutkan macam-macam alat produksi masa lalu dan                                             masa kini
§  Menceritakan pengalaman menggunakan alat produksi                                             lalu dan sekarang
§  Cara menggunakan secara sederhana teknologi produksi                                             masa lalu dan masa kini
§  Membandingkan/membedakan jenis teknologi komunikasi             pada masa lalu dan masa sekarang
§  Menunjukkan peralatan teknologi komunikasi masa lalu dan  sekarang
§  Menyebutkan macam-macam alat komunikasi masa lalu dan                                             masa kini
§  Menceritakan pengalaman menggunakan alat komunikasi                                             lalu dan sekarang
§  Cara menggunakan secara sederhana teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini
§  Membandingkan/membedakan jenis teknologi transportasi            pada masa lalu dan masa sekarang
§  Menunjukkan peralatan teknologi transportasi masa lalu dan sekarang
§  Menyebutkan macam-macam alat transportasi masa lalu dan                                             masa kini
§  Menceritakan pengalaman menggunakan alat transportasi                                             lalu dan sekarang
§  Cara menggunakan secara sederhana teknologi transportasi                                             masa lalu dan masa kini
Tertulis uraian
jawaban singkat
­      Jelaskan, membandingkan, mengelompokkan, menunjukkan, membedakan dan menggunakan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
­      Membuat kerupuk dengan tangan termasuk teknologi ....
­      Telepon yang tidak menggunakan kabel disebut telepon ....
­      Mobil, kereta api, dan pesawat termasuk teknologi ....
­      Salah satu ciri transportasi masa lalu adalah ....
­      Penemu telepon adalah ....


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1


 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






  
CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       
                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPS



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

0 komentar:

Posting Komentar


up