RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      :  SD                                                                                               
Kelas/Semester            :  I/2
Tema/Sub Tema          : Keluargaku (4) / Anggota Keluargaku (1)
Pembelajaran  Ke        : 5

A. Kompetensi Inti
KI 1
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B. Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.1    Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.3    Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.4    Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

Matematika
Kompetensi Dasar:
2.1    Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur atau aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan.
3.11 Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya.

C.Indikator
BAHASA INDONESIA
1.1.1 Menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dalam aktivitas berdoa.
2.3.1 Menunjukkan perilaku sopan santun dan sikap kasih sayang terhadap bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah yang dipakainya saat berkomunikasi.
3.4.1 Menyebutkan kedudukan dirinya dalam keluarga (anak, cucu, kakak, atau adik).
3.4.2 Menulis kosakata tentang anggota keluarga.
Matematika
2.1.1    Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam melakukan kegiatan.
3.11.1 Membandingkan tinggi badan anggota keluarga.
D. Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan kedudukan dirinya dalam keluarga.
2.  Setelah bercerita, siswa dapat menuliskan kosakata tentang anggota keluarga dengan benar.
3.  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan urutan tinggi badan anggota keluarga.
E. Materi Ajar:
a.  Menceritakan nama, pekerjaan, dan kesukaan anggota keluarga.
b.  Mewarnai gambar keluargaku.
c.  Menulis kosakata yang berkaitan dengan keluarga.
d.  Menentukan urutan tinggi badan anggota keluarga dan benda-benda yang tersedia.
F. Alokasi Waktu
6 X 30 menit
G. Pendekatan dan metode
  1. Pendekatan    : Saintifik (ilmiah).
  2. Metode           : Pengamatan, Demonstrasi (bercerita, dan permainan) dan Diskusi.
H. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN

ALOKASI WAKTU


Pendahuluan
1.   Peserta didik memulai kegiatan dengan berdoa.
2.   Bertanya jawab untuk menyiapkan kondisi peserta didik dalam menerima pelajaran.
3.   Peserta didik diberi pertanyaan penggiring:
a.        Hari ini ibu akan menjelaskan tentang anggota keluarga dan urutan tinggi badan anggota keluarga. Siapa yang membawa foto keluarga yang telah dibuat pada pembelajaran 1?
b.        Coba kalian angkat foto keluarganya?


6  x 30 menit








Kegiatan Inti
a.        Kegiatan 1
1.    Siswa menceritakan nama dan pekerjaan setiap anggota keluarga.
2.    Siswa dapat juga menceritakan kesukaan setiap anggota keluarga.
3.    Siswa diperkenalkan dengan kosakata yang berkaitan dengan keluarga seperti ayah, ibu, kakak, dan adik menggunakan kartu kosakata.
4.    Siswa diajak bermain “Siapa Nama-nya?”
5.    Ketika guru menunjukkan misalnya kartu ayah, maka siswa yang ditunjuk diminta membaca kata yang tertera dan menyebutkan nama ayahnya.
6.    Lakukan bergantian menggunakan kartu kata yang lainnya sampai seluruh siswa mendapatkan giliran.
7.    Siswa diminta mewarnai gambar di halaman buku siswa.
8.    Siswa berlatih menuliskan kosakata ayah,ibu, kakak, dan adik pada buku siswa.
b.        Kegiatan 2
1.    Dua orang siswa maju ke depan kelas dan teman lainnya diminta untuk membandingkan tinggi badan kedua teman yang berdiri di depan kelas.
2.    Siswa dibimbing dalam penggunaan kalimat matematika dalam membandingkan tinggi badan, misalnya Dayu lebih tinggi dari Lani dan Lani lebih pendek dari Dayu.
3.    Lakukan simulasi berikutnya dengan membandingkan tiga sampai empat orang.
4.    Minta siswa secara berkelompok berlatih membandingkan tinggi dan pendek suatu benda menggunakan benda-benda yang telah disiapkan oleh guru.
5.    Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok (sesuaikan dengan jumlah siswa yang berada di dalam kelas).
6.    Siswa bekerja sama dengan teman kelompoknya untuk membandingkan tinggi benda.
7.    Siswa berlatih membandingkan tinggi anggota keluarga berdasarkan gambar yang ada pada buku siswa.
8.    Siswa menuliskan anggota keluarga yang paling tinggi dan paling pendek.

Kegiatan Penutup
1.    Peserta didik menuliskan refleksi dari kegiatan hari itu:
a.     Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?
b.     Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa?
c.     Kesulitan apa yang kalian temui?

I. PENILAIAN :
1. Lembar kerja Bahasa Indonesia pada buku siswa halaman 16
2. Daftar Periksa Bahasa Indonesia
Lembar Pengamatan Bercerita dan Menulis Kosakata tentang Keluarga


No.


Nama
Kriteria


Jumlah Skor


Nilai
Siswa mampu menceritakan nama, pekerjaan, dan kesukaan anggota keluarga
Siswa mampu menulis kosakata tentang anggota keluarga
1
2
1
2
1.
Ali






2.
Badu






3.
Cita






4.
Deni






5.
Ema






Keterangan :
Centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria
A. Siswa mampu menceritakan nama, pekerjaan, dan kesukaan anggota keluarga
1  = belum terlihat
2  = terlihat
B.  Siswa mampu menulis kosakata tentang anggota keluarga
1 = belum terlihat
2 = terlihat




 3. Daftar Periksa Matematika
Lembar Pengamatan Membandingkan Tinggi dan Pendek
No
Nama
Kriteria



Jumlah Skor



Nilai
Siswa mampu membandingkan tinggi dan pendek berdasarkan pengamatan gambar anggota keluarga
Siswa mampu membandingkan tinggi dan pendek menggunakan benda-benda yang tersedia
1
2
1
2


1.
Ali






2.
Badu






3.
Cita






4.
Deni






5.
Ema






Keterangan :
Centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria
A.    Siswa mampu menceritakan nama, pekerjaan, dan kesukaan anggota keluarga
1  = belum terlihat
2  = terlihat
B.     Siswa mampu menulis kosakata tentang anggota keluarga
1 = belum terlihat
2 = terlihat
                    Nilai akhir

4. Penilaian sikap (percaya diri dan kerja sama)
Nama peserta didik:                                                              Hari:




Kesimpulan yang diharapkan:
  1. Bahwa setiap anggota keluarga memiliki kedudukan masing-masing yaitu sebagai ayah, ibu, kakak atau adik.
  2. Setiap anggota keluarga harus saling menghormati dan menyayangi.
  3. Dalam membandingkan tinggi badan, peserta didik dapat menggunakan kalimat matematika seperti Dayu lebih tinggi dari Lani dan Lani lebih pendek dari Dayu.

J. Sumber
1.      Kurikulum 2013
2.      Silabus 2013
3.                              Assagaf Lubna, Nurhasanah, Iba Muhibba,dkk. (2013). Keluargaku:Buku Guru. Jakarta: Lazuardi GIS dan Politeknik Negeri Media Kreatif.
4.      Assagaf Lubna, Nurhasanah, Iba Muhibba,dkk. (2013). Keluargaku:Buku Siswa. Jakarta: Lazuardi GIS dan Politeknik Negeri Media Kreatif.

K. Alat Peraga Pembelajaran
1.      Foto keluarga yang telah dibuat pada pembelajaran 1.
2.      Kartu kosakata yang berkaitan dengan keluarga (ayah, ibu, kakak, adik).
3.      Benda-benda dengan tinggi bervariasi, misalnya botol, celengan berbentuk tabung, toples, dan vas bunga.

0 komentar:

Posting Komentar


up