RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP) 2006
Satuan
pendidikan : SD/MI
Nama sekolah : SD Negeri 03 Sintang
Mata pelajaran : Matematika
Kelas / semester
: 1/1
Hari/ Tanggal :
Pertemuan ke : 1
1.
A. Standar kompetensi
1.
melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
B.
kompetensi dasar
1.4
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai
20
C.
indikator
1.4.1
menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan penjumlahan sampai 20
1.4.2
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengurangan sampai 20
D.
Dampak pengiring / karakter
Siswa
memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, teliti, tekun, dan kerjasama yang baik sesama manusia.
II.
Tujuan pembelajaran
1. Melalui
penjelasan dan tanya jawab siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan penjumlahan sampai 20.
2. Melalui
penjelasan dan tanya jawab siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan pengurangan sampai 20
III . Uraian materi dibuku siswa
1. Penjumlahan
Contoh soal :
a. Ida
mempunyai 2 pensil ida membeli lagi 3 pensil berapakah pensil ida sekarang
Penyelesaian :
Pensil ida sekarang
2 pensil + 3 pensil = 5 pensil
2. Pengurangan
a. Ilham
mempunyai 8 kelereng diberikan kepada adiknya 3 kelereng berapakah kelereng
ilham sekarang
Penyelesaian :
8-5 = 5
Jadi kelereng ilham sekarang tinggal 5
IV. Kegiatan belajar mengajar (KBM)
A. Kegiatan
awal ( 10 menit )
1. Salam
2. Siswa
memulai kegiatan dengan berdoa
3. Guru
mengecek kehadiran siswa
4. Apersepsi
a. Anak
–anak siapa disini yang suka makan permen ?
b. Berapa
banyak kah biasanya kalian membeli permen ?
c. Jika
ibu memberi kalian 2 permen lagi berapa kah jumlah permen kalian ?
d. Jika
teman kalian meminta 3 permen berapakah sisa permen kalian ?
Jadi pelajaran kita hari ini adalah
menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pengurangan dan penjumlahan.
B. Kegiatan
inti (45 menit )
a. Ekplorasi
1. Siswa
bertanya jawab tentang soal cerita yang berhungan dengan penjumlahan dan
pengurangan
2. Siswa
mengamati media gambar yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan
b. Elaborasi
1. Siswa
diminta mengerjakan soal dengan teman sebangku
2. Siswa
diminta menulis jawaban dipapan tulis untuk dibahas bersama-sama
c. Konfirmasi
1. Guru
menanyakan tentang materi yang sudah diajarkan atau disampaikan kepada siswa
2. Siswa
diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum diketahui.
C. Kegiatan Penutup (15 menit)
1. Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran
2. Guru melakukan evaluasi
3. Guru memberikan pesan untuk belajar di rumah
4. Guru menutup kegiatan pembelajaran
V. Sumber dan Media
a. Sumber :
BSNP (2006). KTSP SD/MI. Jakarta.
Depdiknas.
Sarman,Jautar,Mangatur.2007.Cerdas Bersama Matematika untuk kelas 1SD.Jakarta
: Ganeca Exact
M. Khafid dan
Suyati.2004.Pelajaran Matematika penekanan
pada berhitung.Jakarta: Erlangga
b. Media :
chart
VI. Penilaian / Evaluasi
A.
Soal
1.
Amin
mempunyai 5 buah apel, kemudian 2 buah apel diminta oleh Anton berapakah sisa buah apel
Amin sekarang ?
2.
Ani
mempunyai 3 batang pensil , kemudian ibu
membelikan Ani 2 batang pensil lagi.
Ternyata ayah juga membelikan Ani 3 batang pensil, jadi berapakah jumlah pensil yang
dimiliki oleh Ani sekarang ?
3.
Kakak
mempunyai 6 butir telur
2 telur digoreng dan 2 telur direbus
Berapakah sisa telur kakak ?
B.
Kunci
jawaban
1.
Buah
apel Amin = 5 buah
Buah apel yang diminta Anton = 2 buah
Sisa buah apel = 5 buah – 2 buah = 3 buah
Jadi sisa buah apel Amin adalah 3 buah
2.
Pensil
milik Ani = 3 batang
Pensil dari ibu =
2 batang
Pensil dari ayah = 3 batang
Jumlah pensil Ani sekarang = 3 batang + 2 batang + 3 batang = 8 batang
pensil
Jadi jumlah pensil Ani sekarang adalah 8 batang
3.
Jumlah
telur kakak = 6 butir
Yang direbus = 2 butir
Yang digoreng = 2 butir
Jumlah telur kakak sekarang = 6 butir – 2 butir -2 butir
= 2 butir
Jadi sisa telur kakak adalah 2 butir
C.
Pedoman
penilaian
a. Penilaian
Proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
||
Ketelitian
|
kekompakan
|
ketepatan
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Kriteria:
80 - 100 =
A (Baik Sekali)
70 - 79 =
B (Baik)
60 –
69 =
C (Cukup)
Kurang dari 59 =
D (Kurang)
b. Penskoran
No
|
Penilaian / soal
|
Skor
|
1.
|
Jawaban benar
|
10
|
2.
|
Jawaban benar
|
10
|
3.
|
Jawaban benar
|
10
|
Skor maksimal
|
30
|
0 komentar:
Posting Komentar