Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 2013



CONTOH : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan      : SD
Kelas / Semester          : 4/1
Tema / Subtema          : Indahnya Keberagaman/ Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran               : 1

A.      KOMPETENSI INTI

1.        Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.        Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.        Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.        Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.       KOMPETENSI DASAR
PPKN
Kompetensi Dasar
3.4
Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3
Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4
Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional,bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), social ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar
3.1
Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

IPS
Kompetensi Dasar
3.5
Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5
Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
SBDP
Kompetensi Dasar
3.3
Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
4.5
Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.




C.       INDIKATOR
PPKn
3.4.1
Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan.
4.4.1
Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran.
3.4.2
Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia.

BAHASA INDONESIA
3.1.3
Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran.
IPS
4.5.1
Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan
SBDP
4.5.1
Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai.

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan mengamati gambar peta dan berdiskusi di kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
2.      Dengan membaca teks “Mengenal Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
3.      Dengan  mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan dengan benar.
4.      Dengan  bernyanyi lagu “Aku Anak Indonesia” dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar.
5.      Dengan bernyanyi lagu “Aku Anak Indonesia”  dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai.

E.       MATERI AJAR
Keberagaman Budaya Bangsaku
Tahukan kamu ?
Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya yang berbeda-beda, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keberagaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita wajib mensyukurinya. Kita tidak boleh merendahkan suku bangsa lain dan menganggap suku bangsa sendiri sebagai suku bangsa yang terbaik.









Amati peta budaya berikut !



Ayo Bekerja Sama !

Berdasarkan peta budaya yang kamu amati, diskusikan pertanyaan berikut dalam kelompok!
1.      Apakah pakaian adat yang mereka gunakan sama? Jelaskan!
2.      Apakah rumah adat yang kamu lihat sama? Jelaskan!
3.      Bagaimanakah tarian adat yang kamu lihat? Jelaskan!
4.      Apa lagi yang kamu ketahui tentang keragaman budaya Indonesia?
Sajikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas!

                                                                                         

Bacalah teks dibawah ini !

Mengenal Suku Minang


Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. Mereka adalah kelompok etnis Nusantara yang berada di Sumatra Barat.
Selain bahasa Padang, orang Minang juga menggunakan bahasa Melayu. Alat music tradisional Minang adalah talempong. Talempong dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik khas Minang lainnya yang dimainkan dengan cara ditiup adalah saluang. Masyarakat Minang juga memiliki banyak jenis tarian, di antaranya adalah tari Pasambahan dan tari Piring. Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat. Rumah adat Minang disebut rumah gadang yang terbuat dari bahan kayu.
Rendang merupakan salah satu masakan tradisional Minang yang terkenal, bahkan telah dikenal di negara lain. Makanan khas masyarakat Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.
 Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda yang terkenal adalah cerita “Si Malin Kundang”.
Sumber: id.wikipedia.org

Temukan informasi penting dari bacaan tadi.
Buatlah kesimpulanmu dalam bentuk peta pikiran!









Text Box: Apa bahasa yang digunakan oleh suku Minang ?



 





Text Box: Apa alat musik tradisional suku minang ?Text Box: Apa makanan  tradisional suku Minang ?
??
Text Box: Apa tarian tradisional suku Minang ?










Setelah membuat peta pikiran, jawablah pertanyaan berikut!
1.    Jelaskan perasaanmu setelah mengenal suku Minang!
2.       Bagaimana cara memperkenalkan budaya Minang kepada orang di sekitarmu?

Ayo cari tahu  !
Indonesia adalah negara yang sangat beragam budaya, agama, dan bahasa daerahnya. Sebagai warga negara yang baik, kita wajib menghargai keberagaman tersebut. Bertanyalah kepada temanmu untuk mencari informasi tentang keberagaman suku bangsa di kelasmu!

No.
Nama siswa
Daerah Asal
Ciri Khas
Agama
1.
Siti
Padang
Rendang
Islam






Setelah mendapatkan informasi di atas, jawablah pertanyaan berikut:
1. Apakah kalian semua berasal dari daerah yang sama? Jelaskan!
2. Apakah kalian mempunyai ciri khas daerah yang sama?
3. Bagaimana sikap yang seharusnya kalian tunjukkan terhadap perbedaan yang
ada?

Perbedaan yang ada pada setiap daerah di Indonesia merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang patut kita syukuri. Nah, pada kolom berikut tuliskan hal-hal apa yang telah kamu lakukan untuk menghargai perbedaan itu.

No.
Sikap menghargai keberagaman
1.
Bermain dengan teman yang berlainan agama



No.
Sikap yang  menghargai keberagaman
1.
Bermain dengan teman yang satu agama





Ayo bernyanyi !
Sebagai anak Indonesia, aku merasa bangga terhadap keberagaman yang ada di Indonesia. Mari kita ekspresikan kebanggaan kita melalui lagu “Aku Anak Indonesia”.


Ayo bekerja sama !
Diskusikan lagu di atas dalam kelompokmu!
1.      Apa isi lagu “Aku Anak Indonesia”?
2.       Apa makna lagu tersebut?
Kemukakan hasil diskusimu di depan kelas!

Ayo ceritakan !
Mengapa kamu harus bangga menjadi anak Indonesia?
Aku bangga menjadi anak Indonesia karena….

Tuliskan 3 contoh perilaku yang menunjukkan kamu bangga sebagai anak Indonesia.
Contoh : menyukai makanan tradisional Indonesia, seperti gudeg yogya dan rendang padang.
Ayo Renungkan !
1. Keberagaman apa saja yang sudah kamu pelajari?
2. Bagaimana tanggapanmu terhadap keragaman bangsa Indonesia?
3. Bagaimana kamu harus menyikapi keberagaman tersebut?

Kerja Sama Dengan Orang Tua
Carilah informasi lain tentang keberagaman budaya Indonesia. Kamu dapat mencarinya dengan membaca buku, bertanya kepada orang tua atau orang di sekitar, atau dengan menonton televisi.
Contoh: menyukai makanan tradisional Indonesia, seperti gudeg yogya dan
rendang padang.

F.        ALOKASI WAKTU
6 x 35 menit
G.      PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Saintifik
Metode         :
1.      Pengamatan
2.      Ceramah
3.      Tanya jawab
4.      Diskusi
H.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.             Peserta didik memulai kegiatan dengan membaca doa
2.             Guru mengabsen peserta didik
3.             Menginformasikan kepada siswa tentang tema yang akan diajarkan yaitu tema “Indahnya Kebersamaan
4.             Menginformasikan tujuan pembelajaran
5.             Bertanya jawab untuk menyiapkan kondisi peserta didik dalam menerima pelajaran.
6.             Apersepsi ( mengaitkan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa dengan pengetahuan yang akan diajarkan )
10 menit
Kegiatan Inti
1.             Siswa mengamati peta budaya perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat music tradisional.
2.             Siswa diminta untuk memasangkan gambar tarian daerah dan rumah adat sesuai dengan daerah asalnya.
3.             Guru berkeliling untuk mengetahui apakah siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas.
4.             Guru menunjukkan video tentang keberagaman budaya indonesia.
5.             Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 orang siswa.
6.             Siswa mendiskusikan jawaban dari pertanyaan yang terdapat pada buku siswa secara berkelompok.
7.             Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
8.             Guru memberikan motivasi agar siswa dapat mengungkapkan pendapatnya. Ajak kelompok lain memberikan pendapat / komentar pada saat presentasi selesai.
9.             Siswa membaca teks “Mengenal Suku Minang”. Siswa mengambil informasi penting dari teks yang dibacanya dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran.
10.         Siswa berpasangan mendiskusikan jawaban dengan temannya. Guru dan siswa mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas.
11.      Setelah membuat peta pikiran dan mendiskusikannya, siswa secara individu menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
12.         Untuk menggiring siswa pada pelajaran selanjutnya, guru secara klasikal dapat mengajukan pertanyaan berikut.
a.       Dari manakah asal daerah kalian?
b.    Apakah ciri khas daerah asalmu?
13.         Siswa mencari asal-usul daerah teman-temannya di kelas melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku, agama, dan ciri khas daerah masing-masing. Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).
14.         Siswa membuat kesimpulan dari tabel hasil wawancara. Guru membantu siswa dengan mengajukan pertanyaan yang ada pada buku siswa.
15.         Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
16.      Siswa mengisi tabel tentang sikap yang berkaitan dengan keberagaman
17.         Guru menunjukkan cara menyanyikan lagu tersebut sesuai dengan notasi lagu dan tinggi rendah nada. Siswa bernyanyi bersama.
18.         Guru memberikan perhatian kepada mereka yang belum bisa menyanyikan lagu sesuai notasi yang benar.
19.         Siswa mendiskusikan isi dan makna lagu “Aku Anak Indonesia” dalam kelompoknya.
20.         Setiap kelompok berpresentasi di depan kelas.
21.      Guru memberikan penguatan kepada siswa tentang pentingnya memiliki kebanggaan menjadi anak Indonesia.
22.         Semua siswa menceritakan alasan mengapa harus bangga menjadi anak Indonesia.
23.         Siswa juga menuliskan perilaku yang menunjukkan rasa bangga menjadi anak Indonesia.
24.      Siswa menunjukkan tulisannya kepada seorang teman.
25.         Siswa menjawab pertanyaan perenungan yang ada pada buku siswa.
26.         Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan.
45 menit
Penutup
Peserta didik menuliskan refleksi dari kegiatan belajar hari itu:
Contohnya:
1.      Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran apa yang telah dipelajari hari ini?
2.      Guru bertanya kesan siswa tentang pelajaran hari ini?
3.      Guru menyuruh siswa mencari informasi lain tentang keberagaman indonesia. Siswa  dapat mencarinya dengan membaca buku, bertanya kepada orang tua atau orang di sekitar, atau dengan menonton televisi.
4.      Menutup kegiatan belajar dengan berdoa dan salam.
15 menit

I.         PENILAIAN
1.        Daftar periksa untuk peta pikiran. (Bahasa Indonesia)

NO.
NAMA
KRITERIA PENILAIAN
Peta pikiran memuat rumah adat.
Peta pikiran memuat bahasa.
Peta pikiran memuat alat musik tradisional.
Peta pikiran memuat makanan tradisional.
Peta pikiran memuat tarian tradisional.
S
B
S
B
S
B
S
B
S
B
1.
BUDI
Ö


Ö
Ö

Ö

Ö

2.
DONI
Ö

Ö


Ö
Ö

Ö

3.
NANA

Ö
Ö

Ö

Ö

Ö


Keterangan :
S          : SUDAH
B         : BELUM

2.        Daftar periksa untuk sikap menunjukkan keberagaman. (IPS dan PPKn)
No.
Nama
Kriteria Penilaian
Menuliskan 5 sikap menghargai keberagaman
Menuliskan 5 sikap yang tidak menghargai keberagaman
Sudah
Belum
Sudah
Belum
1.
BUDI
Ö

Ö

2.
DONI
Ö

Ö

3.
NANA
Ö

Ö


3.        Daftar periksa untuk menyanyi. (SBdP)
No.
Nama
Kriteria Penilaian
Bernyanyi sesuai dengan intonasi yang benar.
Bernyanyi sesuai dengan tinggi rendah nada.
Sudah
Belum
Sudah
Belum
1.
BUDI
Ö


Ö
2.
DONI

Ö
Ö

3.
NANA
Ö

Ö







4.        Rubrik Diskusi
a.    Mendengarkan
No.
Nama
Selalu mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
(3)
Mendengarkan teman
yang berbicara namun
sesekali masih perlu
diingatkan.
(2)
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
(1)
1.
BUDI
Ö


2.
DONI

Ö

3.
NANA

Ö


Keterangan :
3       : Sangat Baik
2       : Baik
1       : Cukup Baik
b.    Komunikasi nonverbal ( kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah dan suara )
No.
Nama
Merespons dan
Menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat.

(3)
Merespons dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang
ditunjukkan teman.
(2)
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk
komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman..
(1)
1.
BUDI
Ö


2.
DONI
Ö


3.
NANA

Ö


Keterangan :
3       : Sangat Baik
2       : Baik
1       : Cukup Baik




c.    Partisipasi ( menyampaikan ide, pikiran dan perasaan )
No.
Nama
Isi pembicaraan
menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.

(3)
Berbicara dan
Menerangkan secara rinci, Merespons sesuai
dengan topik.
(2)
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.

(1)
1.
BUDI


Ö
2.
DONI
Ö


3.
NANA

Ö


Keterangan :
3       : Sangat Baik
2       : Baik
1       : Cukup Baik

d.   Keruntutan berbicara
No.
Nama
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal hingga akhir.

(3)
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut, tetapi belum
konsisten.
(2)
Masih perlu berlatih untuk berbicara secara runtut.

(1)
1.
BUDI


Ö
2.
DONI

Ö

3.
NANA
Ö



Keterangan :
3       : Sangat Baik
2       : Baik
1       : Cukup Baik





Catatan : Centang (Ö) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian rubrik :         
Contohnya :
1.      BUDI :  =  = 6, 7
2.      DONI    :  =  = 8,3
3.      NANA :  =  = 7,5

J.         SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a.            Sumber Pembelajaran
1.   Khairil Anwar Notodiputro. 2013. Kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2.  Afriki, Al Farani, Angie Siti Anggari, dkk. 2013. Indahnya Kebersamaan Buku Guru SD / MI Kelas 4. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.   Afriki, Al Farani, Angie Siti Anggari, dkk. 2013. Indahnya Kebersamaan Buku Siswa SD / MI Kelas 4. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

b.      Media Pembelajaran
1.      Peta budaya Indonesia
2.      Video keberagaman budaya
3.      Teks lagu “Aku Anak Indonesia”



0 komentar:

Posting Komentar


up