CONTOH : Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan :
SD
Kelas / Semester :
4/1
Tema / Subtema :
Indahnya Keberagaman/ Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran :
1
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri
dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat,
membaca) dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
PPKN
|
|
Kompetensi Dasar
|
|
3.4
|
Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
|
4.3
|
Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah,
dan masyarakat.
|
4.4
|
Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional,bahasa,
rumah adat, makanan khas, dan
upacara adat), social ekonomi
(jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan
rumah, sekolah dan masyarakat
sekitar.
|
BAHASA INDONESIA
|
|
Kompetensi Dasar
|
|
3.1
|
Menggali
informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
|
4.1
|
Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang
gaya, gerak, energi panas, bunyi,
dan cahaya dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
|
IPS
|
|
Kompetensi Dasar
|
|
3.5
|
Memahami
manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi.
|
4.5
|
Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi.
|
SBDP
|
|
Kompetensi Dasar
|
|
3.3
|
Membedakan
panjang-pendek bunyi, dan
tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
|
4.5
|
Menyanyikan
lagu dengan gerak tangan dan badan
sesuai dengan tinggi rendah nada.
|
C.
INDIKATOR
PPKn
|
|
3.4.1
|
Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia
dalam bentuk tulisan.
|
4.4.1
|
Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran.
|
3.4.2
|
Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia.
|
BAHASA INDONESIA
|
|
3.1.3
|
Mengolah
informasi dari teks “Mengenal Suku
Minang” dalam bentuk peta pikiran.
|
IPS
|
|
4.5.1
|
Menjelaskan
sikap yang harus ditunjukkan untuk
menghormati keberagaman dalam
bentuk tulisan
|
SBDP
|
|
4.5.1
|
Menyanyikan
lagu “Aku Anak Indonesia “ dengan
tinggi rendah nada yang sesuai.
|
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar peta dan berdiskusi di kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan
benar.
2. Dengan membaca teks “Mengenal Suku
Minang”, siswa mampu mengolah
informasi dalam bentuk peta pikiran
dengan benar.
3. Dengan mencari informasi keragaman teman sekelasnya
dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati
keberagaman dalam bentuk tulisan
dengan benar.
4. Dengan bernyanyi lagu “Aku Anak Indonesia” dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan
contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia
dengan benar.
5. Dengan bernyanyi lagu “Aku Anak Indonesia” dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi
rendah notasi yang sesuai.
E.
MATERI
AJAR
Keberagaman Budaya Bangsaku
Tahukan kamu ?
Indonesia terdiri atas
berbagai macam suku bangsa dan budaya yang berbeda-beda, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI). Keberagaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita wajib
mensyukurinya. Kita tidak boleh
merendahkan suku bangsa lain dan menganggap suku bangsa sendiri sebagai suku bangsa yang terbaik.
Amati peta budaya berikut !
Ayo Bekerja Sama !
Berdasarkan peta budaya yang kamu amati, diskusikan
pertanyaan berikut dalam kelompok!
1.
Apakah pakaian adat yang mereka gunakan sama? Jelaskan!
2. Apakah
rumah adat yang kamu lihat sama? Jelaskan!
3. Bagaimanakah
tarian adat yang kamu lihat? Jelaskan!
4. Apa
lagi yang kamu ketahui tentang keragaman budaya Indonesia?
Sajikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas!
Bacalah teks dibawah ini !
Mengenal Suku
Minang
Suku Minang sering disebut
sebagai orang Padang atau Urang Awak. Mereka adalah kelompok etnis Nusantara yang berada di
Sumatra Barat.
Selain bahasa Padang,
orang Minang juga menggunakan bahasa Melayu. Alat music tradisional
Minang adalah talempong. Talempong dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik
khas Minang lainnya yang dimainkan dengan
cara ditiup adalah saluang. Masyarakat Minang
juga memiliki banyak jenis tarian, di
antaranya adalah tari Pasambahan dan tari Piring.
Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat. Rumah adat Minang disebut
rumah gadang yang terbuat dari bahan kayu.
Rendang merupakan salah
satu masakan tradisional Minang yang terkenal, bahkan telah dikenal di negara lain. Makanan khas
masyarakat Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.
Orang
Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda yang terkenal adalah cerita “Si Malin Kundang”.
Sumber: id.wikipedia.org
Temukan informasi penting dari bacaan tadi.
Buatlah kesimpulanmu dalam bentuk peta pikiran!
Setelah membuat peta pikiran, jawablah
pertanyaan berikut!
1. Jelaskan
perasaanmu setelah mengenal suku Minang!
2. Bagaimana cara memperkenalkan budaya Minang
kepada orang di sekitarmu?
Ayo cari tahu !
Indonesia adalah negara yang sangat beragam budaya,
agama, dan bahasa daerahnya. Sebagai warga negara yang baik, kita wajib menghargai keberagaman tersebut. Bertanyalah kepada temanmu untuk mencari
informasi tentang keberagaman suku bangsa di
kelasmu!
No.
|
Nama siswa
|
Daerah Asal
|
Ciri Khas
|
Agama
|
1.
|
Siti
|
Padang
|
Rendang
|
Islam
|
|
|
|
|
|
Setelah mendapatkan informasi di atas, jawablah
pertanyaan berikut:
1. Apakah kalian semua berasal dari daerah yang sama?
Jelaskan!
2. Apakah kalian mempunyai ciri khas daerah yang
sama?
3. Bagaimana sikap yang seharusnya kalian tunjukkan
terhadap perbedaan yang
ada?
Perbedaan yang ada pada setiap daerah di Indonesia
merupakan suatu anugerah dari Tuhan
yang patut kita syukuri. Nah, pada kolom berikut tuliskan hal-hal apa yang
telah kamu lakukan untuk menghargai
perbedaan itu.
No.
|
Sikap menghargai keberagaman
|
1.
|
Bermain
dengan teman yang berlainan agama
|
|
|
No.
|
Sikap yang
menghargai keberagaman
|
1.
|
Bermain
dengan teman yang satu agama
|
|
|
Ayo bernyanyi !
Sebagai anak Indonesia, aku merasa bangga terhadap keberagaman yang ada di Indonesia. Mari kita ekspresikan kebanggaan kita
melalui lagu “Aku Anak Indonesia”.
Ayo bekerja sama !
Diskusikan lagu di atas dalam kelompokmu!
1. Apa
isi lagu “Aku Anak Indonesia”?
2. Apa makna lagu tersebut?
Kemukakan hasil diskusimu di depan kelas!
Ayo ceritakan !
Mengapa kamu harus bangga menjadi anak Indonesia?
Aku bangga menjadi anak Indonesia karena….
Tuliskan 3 contoh perilaku
yang menunjukkan kamu bangga sebagai anak Indonesia.
Contoh : menyukai makanan tradisional Indonesia, seperti gudeg yogya
dan rendang padang.
Ayo
Renungkan !
1. Keberagaman apa saja
yang sudah kamu pelajari?
2. Bagaimana tanggapanmu
terhadap keragaman bangsa Indonesia?
3. Bagaimana kamu harus
menyikapi keberagaman tersebut?
Kerja Sama Dengan Orang Tua
Carilah informasi lain
tentang keberagaman budaya Indonesia. Kamu dapat mencarinya dengan
membaca buku, bertanya kepada orang tua atau orang di sekitar, atau dengan menonton
televisi.
Contoh: menyukai makanan
tradisional Indonesia, seperti gudeg yogya dan
rendang padang.
F.
ALOKASI
WAKTU
6 x 35 menit
G.
PENDEKATAN
DAN METODE
Pendekatan : Saintifik
Metode :
1. Pengamatan
2. Ceramah
3. Tanya jawab
4. Diskusi
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta
didik memulai kegiatan dengan membaca doa
2.
Guru
mengabsen peserta didik
3.
Menginformasikan kepada siswa tentang tema
yang akan diajarkan yaitu tema
“Indahnya Kebersamaan”
4.
Menginformasikan
tujuan pembelajaran
5.
Bertanya
jawab untuk menyiapkan kondisi peserta didik dalam menerima pelajaran.
6.
Apersepsi
( mengaitkan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa dengan pengetahuan yang
akan diajarkan )
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa mengamati peta budaya perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat
music tradisional.
2.
Siswa
diminta untuk memasangkan gambar tarian daerah dan rumah adat sesuai dengan
daerah asalnya.
3.
Guru
berkeliling untuk mengetahui apakah siswa mengalami kesulitan dalam
menyelesaikan tugas.
4.
Guru
menunjukkan video tentang keberagaman budaya indonesia.
5.
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 orang
siswa.
6.
Siswa
mendiskusikan jawaban dari pertanyaan yang terdapat pada buku siswa secara
berkelompok.
7.
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
8.
Guru
memberikan motivasi agar siswa dapat mengungkapkan pendapatnya. Ajak kelompok
lain memberikan pendapat / komentar pada saat presentasi selesai.
9.
Siswa membaca teks “Mengenal Suku Minang”. Siswa mengambil informasi penting dari
teks yang dibacanya dan
menuliskannya dalam bentuk peta pikiran.
10.
Siswa berpasangan mendiskusikan
jawaban dengan temannya. Guru dan
siswa mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas.
11.
Setelah membuat peta pikiran dan mendiskusikannya,
siswa secara individu menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
12.
Untuk menggiring siswa pada pelajaran selanjutnya,
guru secara klasikal dapat mengajukan pertanyaan
berikut.
a. Dari
manakah asal daerah kalian?
b.
Apakah ciri khas daerah asalmu?
13.
Siswa mencari asal-usul daerah teman-temannya di kelas melalui kegiatan bertanya-jawab
tentang suku, agama, dan ciri khas
daerah masing-masing. Ciri khas daerah
dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).
14.
Siswa membuat kesimpulan dari tabel hasil wawancara. Guru membantu
siswa dengan mengajukan pertanyaan yang ada pada buku siswa.
15.
Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
16.
Siswa mengisi tabel tentang sikap yang
berkaitan dengan keberagaman
17.
Guru menunjukkan cara menyanyikan lagu tersebut sesuai dengan notasi lagu dan tinggi rendah nada. Siswa bernyanyi bersama.
18.
Guru memberikan perhatian kepada mereka yang belum bisa menyanyikan lagu sesuai
notasi yang benar.
19.
Siswa mendiskusikan isi dan makna lagu “Aku Anak Indonesia” dalam kelompoknya.
20.
Setiap kelompok berpresentasi di depan kelas.
21.
Guru
memberikan penguatan kepada
siswa tentang pentingnya memiliki kebanggaan
menjadi anak Indonesia.
22.
Semua siswa menceritakan alasan mengapa harus bangga menjadi anak Indonesia.
23.
Siswa juga menuliskan perilaku yang menunjukkan rasa bangga menjadi anak Indonesia.
24.
Siswa menunjukkan tulisannya kepada seorang
teman.
25.
Siswa menjawab pertanyaan perenungan yang ada pada
buku siswa.
26.
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan.
|
45 menit
|
Penutup
|
Peserta didik menuliskan refleksi dari kegiatan
belajar hari itu:
Contohnya:
1. Guru bertanya kepada siswa tentang
pelajaran apa yang telah dipelajari hari ini?
2. Guru bertanya kesan siswa tentang
pelajaran hari ini?
3. Guru menyuruh siswa mencari informasi
lain tentang keberagaman indonesia. Siswa dapat mencarinya dengan membaca buku, bertanya kepada orang tua atau orang di
sekitar, atau dengan menonton
televisi.
4. Menutup kegiatan belajar dengan berdoa
dan salam.
|
15 menit
|
I.
PENILAIAN
1.
Daftar periksa untuk peta pikiran.
(Bahasa Indonesia)
NO.
|
NAMA
|
KRITERIA PENILAIAN
|
|||||||||
Peta pikiran memuat rumah
adat.
|
Peta pikiran memuat bahasa.
|
Peta pikiran memuat alat musik
tradisional.
|
Peta pikiran memuat makanan
tradisional.
|
Peta pikiran memuat tarian
tradisional.
|
|||||||
S
|
B
|
S
|
B
|
S
|
B
|
S
|
B
|
S
|
B
|
||
1.
|
BUDI
|
Ö
|
|
|
Ö
|
Ö
|
|
Ö
|
|
Ö
|
|
2.
|
DONI
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
Ö
|
Ö
|
|
Ö
|
|
3.
|
NANA
|
|
Ö
|
Ö
|
|
Ö
|
|
Ö
|
|
Ö
|
|
Keterangan :
S :
SUDAH
B :
BELUM
2.
Daftar periksa untuk sikap menunjukkan
keberagaman. (IPS dan PPKn)
No.
|
Nama
|
Kriteria Penilaian
|
|||
Menuliskan 5 sikap menghargai
keberagaman
|
Menuliskan 5 sikap yang tidak
menghargai keberagaman
|
||||
Sudah
|
Belum
|
Sudah
|
Belum
|
||
1.
|
BUDI |
Ö
|
|
Ö
|
|
2.
|
DONI
|
Ö
|
|
Ö
|
|
3.
|
NANA
|
Ö
|
|
Ö
|
|
3.
Daftar periksa untuk menyanyi. (SBdP)
No.
|
Nama
|
Kriteria Penilaian
|
|||
Bernyanyi sesuai dengan
intonasi yang benar.
|
Bernyanyi sesuai dengan tinggi
rendah nada.
|
||||
Sudah
|
Belum
|
Sudah
|
Belum
|
||
1.
|
BUDI |
Ö
|
|
|
Ö
|
2.
|
DONI
|
|
Ö
|
Ö
|
|
3.
|
NANA |
Ö
|
|
Ö
|
|
4.
Rubrik Diskusi
a. Mendengarkan
No.
|
Nama
|
Selalu mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
(3)
|
Mendengarkan teman
yang berbicara namun
sesekali masih perlu
diingatkan.
(2)
|
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
(1)
|
1.
|
BUDI |
Ö
|
|
|
2.
|
DONI
|
|
Ö
|
|
3.
|
NANA
|
|
Ö
|
|
Keterangan :
3 : Sangat Baik
2 : Baik
1 : Cukup Baik
b. Komunikasi nonverbal ( kontak mata, bahasa
tubuh, postur, ekspresi wajah dan suara )
No.
|
Nama
|
Merespons dan
Menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat.
(3)
|
Merespons dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang
ditunjukkan teman.
(2)
|
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk
komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman..
(1)
|
1.
|
BUDI
|
Ö
|
|
|
2.
|
DONI
|
Ö
|
|
|
3.
|
NANA
|
|
Ö
|
|
Keterangan :
3 : Sangat Baik
2 : Baik
1 : Cukup Baik
c. Partisipasi ( menyampaikan ide, pikiran
dan perasaan )
No.
|
Nama
|
Isi pembicaraan
menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
(3)
|
Berbicara dan
Menerangkan secara rinci,
Merespons sesuai
dengan topik.
(2)
|
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.
(1)
|
1.
|
BUDI
|
|
|
Ö
|
2.
|
DONI
|
Ö
|
|
|
3.
|
NANA
|
|
Ö
|
|
Keterangan :
3 : Sangat Baik
2 : Baik
1 : Cukup Baik
d. Keruntutan berbicara
No.
|
Nama
|
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal hingga akhir.
(3)
|
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut, tetapi belum
konsisten.
(2)
|
Masih perlu berlatih untuk berbicara secara runtut.
(1)
|
1.
|
BUDI
|
|
|
Ö
|
2.
|
DONI
|
|
Ö
|
|
3.
|
NANA
|
Ö
|
|
|
Keterangan :
3 : Sangat Baik
2 : Baik
1 : Cukup Baik
Catatan : Centang (Ö)
pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian
rubrik :
Contohnya :
1. BUDI :
= = 6, 7
2. DONI :
= = 8,3
3. NANA : = = 7,5
J.
SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a. Sumber
Pembelajaran
1.
Khairil Anwar Notodiputro. 2013. Kurikulum
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013.
Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2. Afriki, Al Farani, Angie
Siti Anggari, dkk. 2013. Indahnya
Kebersamaan Buku Guru SD / MI Kelas 4. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
3.
Afriki, Al Farani, Angie Siti Anggari, dkk.
2013. Indahnya Kebersamaan Buku Siswa SD
/ MI Kelas 4. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
b.
Media
Pembelajaran
1.
Peta budaya Indonesia
2.
Video
keberagaman budaya
3.
Teks lagu
“Aku Anak Indonesia”
0 komentar:
Posting Komentar