RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2006



CONTOH : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) MTK

Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas/ semester           : I / 2
Mata Pelajaran/Tema   : Matematika
Pertemuanke               :


I.              STANDAR KOMPETENSI :
6.         Mengenal bangundatar sederhana

II.           KOMPETENSI DASAR :
6.1    Mengenal segitiga, segi empat, dan lingkaran

III.         INDIKATOR :
1.      Mengenal segitiga, segi empat dan lingkaran
2.      Membedakan segitiga dan bukan segitiga, segi empat dan bukan segi empat, lingkaran dan bukan lingkaran

IV.         TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Melalui penjelasan dari guru siswa mampu mengenal segitiga, segi empat dan lingkaran
2.      Dengan melakukan pengamatan siswa dapat membedakan segitiga, segi empat dan lingkaran

V.          MATERI AJAR:

VI.       ALOKASI WAKTU :
2 x 30 menit

VII.    METODE PEMBELAJARAN :
a.       Ceramah
b.      Demontrasi
c.       Pemberian tugas

VIII. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR :
A.    KegiatanAwal (5 menit)
1.      Salam
2.      Mengkondisikan kelas
3.      Doa
4.      Mengecek  kehadiran siswa
5.      Apersepsi : Guru menanyakan pelajaran yang lalu yang berkaitan dengan materi yang akan disajikan
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

B.     KegiatanInti
1.      Siswa dan guru mengadakan tanya jawab tentang bangun datar sederhana
2.      Siswa menyebutkan apa saja yang mereka ketahui tentang segitiga, segi empat dan lingkaran
3.      Siswa ditugaskan untuk membuat segitiga, segi empat dan lingkaran
4.      Siswa mengamati kardus yang telah dibentuk segitiga, segi empat dan lingkaran
5.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang segitiga, segi empat dan lingkaran
6.      Siswa ditugaskan mengelompokkan jenis-jenis bangun datar sederhana (segitiga, segi empat dan lingkaran).
7.      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang telah dibahas.

C.     Penutup
1.      Siswa dengan bimbing guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.      Siswa mengerjakan soal evaluasi.
3.      Tindak lanjut : memberikan motivasi kepada siswa, sehingga siswa lebih semangat untuk belajar lebih giat lagi.
4.      Melakukan refleksi
5.      Salam penutup

IX.             SUMBER DAN MEDIA
1.            Sumber
a.             Kurikulum KTSP untuk SD/MI
b.            Khafid Kasri, Suyati. 2006. Pelajaran Matematika Penekanan Pada Berhitung Jilid 1B. Erlangga : Jakarta.
2.            Media
a.             Kertas karton
b.             Kardus

X.                PENILAIAN
A.    Proses
Aspek yang dinilai :
Tabelpenilaian proses
No
Namasiswa
Aktivitas yang dinilai
Keterangan
Keberanian
Ketelitian
Kebersihan
keaktifan
1






2






Dst







Krteriapenilaian  : A = AmatBaik
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang

B.     Hasil
Aspek yang dinilai      : KemampuanHasilBelajar
Alat / instrument         : Soal-soal
Jenis                            : Tertulis
Bentukpenilaian          : Isian

Soal test :
1.       


KunciJawaban :

1.      Jadi, kue coklat Andi sekarang 20 kue – 3 kue = 17 kue
2.      Jadi, buku Ayu sekarang 4 buku + 12 buku = 16 buku

PedomanPenskoran :

No.
No. Soal
Skor
1.
1
50
2.
2
50
Total
100

Skor yang diperoleh :

Nilai = 
                       


Dosen Pembimbing                                         Pontianak,   4 November  2013





Drs. Budiman Tampubolon M.Si                                                     Kelompok 1
(Eka Puspitasari, Hariyati, Ira Widyastuti, Kusrini Caturwari, Wahyuni)


0 komentar:

Posting Komentar


up