CONTOH : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) MTK
Satuan
Pendidikan : SD/MI
Kelas/ semester : I / 2
Mata
Pelajaran/Tema : Matematika
Pertemuanke :
I.
STANDAR KOMPETENSI :
6.
Mengenal bangundatar sederhana
II.
KOMPETENSI DASAR :
6.1 Mengenal segitiga, segi empat, dan lingkaran
III.
INDIKATOR :
1.
Mengenal segitiga, segi empat dan
lingkaran
2.
Membedakan segitiga dan bukan
segitiga, segi empat dan bukan segi empat, lingkaran dan bukan lingkaran
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.
Melalui penjelasan dari guru siswa
mampu mengenal segitiga, segi empat dan lingkaran
V.
MATERI AJAR:
VI.
ALOKASI WAKTU :
2 x 30 menit
VII.
METODE PEMBELAJARAN :
a.
Ceramah
b.
Demontrasi
c.
Pemberian tugas
VIII. KEGIATAN
BELAJAR MENGAJAR :
A.
KegiatanAwal (5 menit)
1. Salam
2. Mengkondisikan kelas
3. Doa
4. Mengecek kehadiran siswa
5. Apersepsi : Guru
menanyakan pelajaran yang lalu yang berkaitan dengan materi yang akan disajikan
6.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
B. KegiatanInti
1.
Siswa dan guru mengadakan tanya
jawab tentang bangun datar sederhana
2.
Siswa menyebutkan apa saja yang
mereka ketahui tentang segitiga, segi empat dan lingkaran
3.
Siswa ditugaskan untuk membuat segitiga,
segi empat dan lingkaran
4.
Siswa mengamati kardus yang telah
dibentuk segitiga, segi empat dan lingkaran
5.
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang segitiga, segi empat dan lingkaran
6.
Siswa ditugaskan mengelompokkan
jenis-jenis bangun datar sederhana (segitiga, segi empat dan lingkaran).
7.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
tentang materi yang telah dibahas.
C. Penutup
1.
Siswa dengan bimbing guru
menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.
Siswa mengerjakan soal evaluasi.
3.
Tindak lanjut : memberikan
motivasi kepada siswa, sehingga siswa lebih semangat untuk belajar lebih giat
lagi.
4.
Melakukan refleksi
5.
Salam penutup
IX.
SUMBER
DAN MEDIA
1.
Sumber
a.
Kurikulum KTSP untuk SD/MI
b.
Khafid
Kasri, Suyati. 2006. Pelajaran Matematika Penekanan Pada Berhitung Jilid 1B. Erlangga
: Jakarta.
2.
Media
a.
Kertas
karton
b.
Kardus
X.
PENILAIAN
A.
Proses
Aspek yang dinilai :
Tabelpenilaian proses
No
|
Namasiswa
|
Aktivitas yang dinilai
|
Keterangan
|
|||
Keberanian
|
Ketelitian
|
Kebersihan
|
keaktifan
|
|||
1
|
||||||
2
|
||||||
Dst
|
Krteriapenilaian : A = AmatBaik
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang
B.
Hasil
Aspek yang dinilai : KemampuanHasilBelajar
Alat / instrument : Soal-soal
Jenis : Tertulis
Bentukpenilaian : Isian
Soal test :
1.
KunciJawaban
:
1. Jadi, kue coklat Andi sekarang 20 kue – 3 kue = 17 kue
2. Jadi, buku Ayu sekarang 4 buku + 12 buku = 16 buku
PedomanPenskoran :
No.
|
No. Soal
|
Skor
|
1.
|
1
|
50
|
2.
|
2
|
50
|
Total
|
100
|
Skor yang diperoleh :
Nilai =
Dosen Pembimbing Pontianak,
4 November 2013
Drs. Budiman Tampubolon M.Si Kelompok 1
(Eka
Puspitasari, Hariyati, Ira Widyastuti, Kusrini Caturwari, Wahyuni)
0 komentar:
Posting Komentar